Portal Pembangunan Musholla Darul Huda Permata Sawangan

Blog ini merupakan media sosialisasi kegiatan pembangunan Musholla Darul Huda yang dilakukan di Perumahan Permata Sawangan RT 08 RW 03 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Selain itu, blog ini diharapkan dapat menjadi media syiar agama Islam agar kehidupan beragama di masyarakat dapat menjadi lebih baik. ....... amin

Tulisan terkait dengan syiar agama Islam pada umumnya dapat dikirimkan ke email: darulhuda.permatasawangan@gmail.com


Kamis, 25 Maret 2010

Panitia Pembangunan Musholla Darul Huda

Pelaksanaan suatu kegiatan pada dasarnya merupakan tindak lanjut dari sesuatu yang telah sebelumnya direncanakan, didiskusikan, dan disepakati bersama agar mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Proses-proses tersebut muncul karena adanya kesamaan keinginan dan tujuan dari beberapa orang yang kemudian dituangkan dalam suatu kerangka gagasan agar dapat ditarik suatu cara dan upaya untuk mewujudkannya.
 
Mengacu pada ke dasar pemikiran tersebut di atas maka segera perlu diadakan upaya untuk menindaklanjuti keinginan warga dan rencana awal pembangunan musholla di Perumahan Permata Sawangan. Salah satu upaya paling mendasar untuk mewujudkan rencana tersebut adalah melalui pembentukan/penyusunan Panitia Kegiatan yang solid dan bertanggung jawab serta dapat menuangkan rencana kegiatan ke dalam konsep-konsep yang terstruktur, terarah dan jelas. Susunan Panitia Kegiatan yang memenuhi aspek-aspek tersebut tentunya harus memiliki beberapa kriteria yang perlu dijabarkan terlebih dahulu. Kriteria mendasar yang dimaksud antara lain :

  1. Memiliki rasa tanggung jawab dan mampu mengungkapkan bentuk pertanggung jawabannya;
  2. Memiliki keinginan untuk melakukan pembelajaran organisasi yang kuat;
  3. Mampu untuk melakukan koordinasi dengan pihak pengarah maupun nara sumber lainnya
1. Struktur Organisasi Kepanitiaan
Struktur organisasi pada dasarnya gambaran tentang individu/personal yang menempati suatu posisi dalam organisasi tersebut berdasarkan fungsi dan kedudukan dengan mengacu pada garis koordinasi yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Pofil dari suatu struktur organisasi dapat mencerminkan keefektifan dan keefisienan sistem kerja dari organisasi tersebut dalam menjalankan proses kegiatan yang sedang ditanganinya.

Kepanitian Pembangunan Musholla Darul Huda di Perumahan Permata Sawangan dibentuk berdasarkan hasil musyawarah warga pada tanggal 30 Agustus 2009 yang selanjutnya disahkan dengan SK RT 08 No. 001 / RT.08 / IX / 2009. Secara umum kepanitiaan yang terbentuk tersebut tediri dari 2 (dua) komponen yaitu :
  1. Panitia Pengarah (Steering Committee) yang bertugas memberikan saran, masukan, nasihat dan arahan-arahan kebijakan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan. Panitia ini terdiri dari semua Pengurus RT 08 RW 03 Perumahan Permata Sawangan ditambah dengan nara sumber lainnya yang dianggap memiliki wawasan yang luas terkait dengan pelaksanaan kegiatan.
  2. Panitia Pelaksana kegiatan (Organizing Committee) yang bertugas merencanakan, menyusun dan menyiapkan segala aspek pelaksanaan kegiatan sesuai dengan arah dan tujuan yang telah disepakati bersama.
Secara terperinci susunan dan struktur kepanitiaan Pembangunan Musholla Darul Huda di Perumahan Permata Sawangan dapat dilihat (klik di sini)

2. Sekretariat Panitia Kegiatan
Sekretariat Panitia kegiatan beralamat di Komplek Perumahan Permata Sawangan Blok H No. 9 RT 08 RW 03 Kelurahan Bedahan Sawangan Kota Depok 16519.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar